Cara menggunakan perisian open office
OpenOffice.org adalah Aplikasi Open Source, artinya anda dibenarkan untuk meng-install dan menggunakan di beberapa komputer secara percuma, OpenOffice.Org bukan hanya di buat dalam versi Linux saja tapi dibuat dalam versi lain iaitu Windows dan Mac OS. dengan adanya sokongan terhadap semua Platform diharapkan penggunaan OpenOffice.Org semakin meningkat pesat. OpenOffice.Org boleh diagihkan kepada pengguna lain tanpa takut melanggar Undang-undang Hak Cipta. Jika dikantor anda terdapat sekitar 10 komputer, maka semuanya boleh di-Install OpenOffice.Org tanpa keluar kos terlalu banyak paling cuma keluar kos untuk sekali Download saja. Bandingkan dengan Microsoft Office 2007 Profesional yang di banderol dengan harga US $ 308 (sekitar Rp. 3.2 Juta) per komputer.
Klik Table > Insert > Table.....Ctrl+F12 maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini :
Tab paling atas adalah nama Table yang saya sendiri sampai sekarang kurang tahu apa fungsinya (bagi yang tahu apa fungsinya nama dari Tab ini silahkan tulis komentar Anda) , Tab Columns fungsinya untuk membuat berapa jumlah kolom yang ingin Anda buat, sedangkan Rows untuk membuat jumlah baris yang akan kita buat, Tab AutoFormat beguna untuk memilih model table yang akan kita buat, silahkan Explorasi sesuai selera Anda, setelah selesai klik Ok, maka akan keluar tools seperti gambar di bawah ini :
- Table : berguna jika kita ingin menyisipkan Sub Columns ataupun Sub Row kedalam table yang relah kita buat sebelumnya.
- Line Style : untuk mengatur besar-kecilnya serta model ukuran border/bingkai yang kita buat agar lebih menarik.
- Line Color : tools yang berfungsi untuk pengaturan warna Border
- Border : fungsinya untuk pengaturan letak dari border (misalnya : sebelah kiri atau kanan)
- Background Color : untuk membuat warna latar belakang Table
- Marger Cell : gunanya untuk menggabungkan dari beberapa Columns menjadi satu.
- Split Cell : tools untuk membuat tambahan baris/Rows pada Columns
- Optimize : untuk membuat ukuran suatu Columns atau Rows sesuai dengan huruf yang Anda buat.
- Top : sebagai pengatur tulisan pada Rowss agar mepet border atas.
- Center : untuk mengatur tulisan agar rata tengah pada border.
- Bottom : sebagai pengatur tulisan pada table agar mepet border bawah.
- Insert Rows : untuk menambah /menyisipkan Rows.
- Insert Columns : untuk menambah /menyisipkan Columns pada Table
- Delet Rows : berguna untuk menghapus Rows pada table yang sudah tidak dipakai.
- Delet Columns : untuk menghapus Columns.
- Auto Format : beguna untuk memilih model table yang akan kita buat.
- Table Properties : sebagai pengaturan suatu table.
- Sort : untuk mengurutkan Abjad yang Anda buat.
- Sum : Tools ini berguna untuk menju mlahkan angka yang ada dalam Table
Untuk membuat table dengan cepat di OpenOffice.org Writer, klik tools Table Drag krusor Anda kebawah untuk menentukan jumlah Row dan kekanan untuk membuat jumlah Column yang ingin Anda buat, disini terdapat kelebihan dari OpenOffice.org Writer dibandingkan Ms Word, kalau di Ms Word Anda hanya bisa membuat 4 Row dan 5 Column melalui Tools ini, di OpenOffice.org Writer Anda bisa membuat puluhan Row dan Column sesuai yang diinginkan.
No comments:
Post a Comment